01

rundingkan

Setiap daerah memiliki ciri khas budaya yang tidak bisa disamaratakan, begitu pula dalam hal pemahaman mengenai Ruang Berbagi Ilmu sebagai kegiatan kerelawanan. Untuk itulah, kumpulkan rekan-rekanmu dan diskusikanlah tentang semangat Ruang Berbagi Ilmu. Bahas tentang kemungkinan pelaksanaan Ruang Berbagi Ilmu. 

02

bentuk panitia

Inilah beberapa divisi yang sering ditemui dalam komposisi relawan panitia lokal RuBI:  Divisi Acara, Divisi Sosialisasi, Divisi Pendanaan, dan Divisi Rekrutmen.

03

rancang tor

TOR (Term of Reference) atau Rencana Acuan Kerja RuBI berisi semua informasi mengenai pelaksanaan di tiap daerah. TOR ini digunakan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan, penentuan jumlah relawan Narasumber dan Dokumentasi, hingga digunakan sebagai pedoman penyusunan materi oleh relawan Narasumber.

04

pelaksanaan

Laksanakan RuBI sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

05

kawal terus

Jangan sampai RuBI selesai di satu hingga tiga hari pelaksanaannya saja. Mari memperluas dampak RuBI dengan merencanakan tindak lanjut kegiatan.

Panduan

Pengajuan

Pelaksanaan

RuBI Mandiri

Anda bisa mengajukan proposal untuk melaksanaan RuBI di daerah Anda. Meski begitu, ada yang perlu dipersiapkan dan dikoordinasikan dengan Relawan Panitia RuBI. Berikut adalah panduannya. Disarankan untuk membaca visi dan misi RuBI terlebih dahulu sebelum membaca panduan lebih lanjut.