Open Recruitment Daerah Pelaksanaan RuBI 2020



Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia saat ini, tak terkecuali Ruang Berbagi Ilmu. Kegiatan RuBI tahun 2020 juga mengalami perubahan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.


Awalnya daerah pelaksanaan RuBI merupakan daerah penempatan Pengajar Muda Indonesia Mengajar atau merupakan pengajuan dan pendekatan langsung dari daerah yang memiliki keinginan untuk melaksanakan RuBI. Namun di tahun 2020 ini daerah pelaksanaan RuBI merupakan hasil seleksi dari Open Recruitment yang diselenggarakan panitia sebagai sarana penyampaian kebutuhan dari tiap-tiap calon pelaksana daerah.


Hasilnya ternyata di luar dugaan, tak kurang dari 33 daerah dari seluruh penjuru Nusantara mendaftar menjadi daerah penyelenggara RuBI. Hal tersebut menunjukkan betapa tingginya semangat penggerak untuk memajukan pendidikan di daerahnya masing-masing.


Sebagai bagian dari menjaga upaya pendampingan yang maksimal dengan sumber daya yang terbatas, kami harus melakukan pilihan yang sulit. Dari 33 daerah terbaik, hanya 7 daerah yang diikutsertakan menjadi daerah pelaksanaan RuBI Reguler 2020. Proses seleksi yang panjang telah dilakukan. Mulai dari membentuk tim kecil, melakukan review formulir pendaftaran, menghubungi daerah yang mendaftar, melakukan kalibrasi dengan seluruh tim yang terlibat, sampai akhirnya mengambil keputusan.


Proses tersebut merupakan upaya panitia untuk menyelenggarakan kegiatan RuBI Reguler 2020 dengan baik di tengah Pandemi Covid-19. Beberapa pilihan bentuk kegiatan sudah dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan & karakter daerah masing-masing.


Selamat kepada tujuh daerah yang terpilih sebagai Daerah Pelaksanaan RuBI Reguler 2020. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh daerah pendaftar Open Recruitment. Jika belum terpilih, bukan berarti kolaborasi berhenti sampai disini saja, masih ada kesempatan dan bentuk-bentuk kolaborasi lainnya. Tetaplah bersemangat untuk bergerak bersama bagi pendidikan yang lebih baik lagi di daerah masing-masing.


#yukbelajaryukberbagi