RELAWAN RuBI: Sebuah refleksi.


Sebelumnya, saya adalah orang yang selalu disibukkan dengan pekerjaan, pencapaian prestasi diri sendiri, dan kurang memperhatikan sesama. Tidak pernah saya sangka, ternyata dengan mengikuti RuBI, saya mendapatkan anugerah yang berharga bagi saya, yaitu empati.

Saya menyadari ternyata masih banyak daerah di Indonesia yang masih kekurangan dan membutuhkan bantuan, khususnya di bidang pendidikan. Fokus saya berubah, tadinya hanya berfokus kepada diri sendiri, namun sekarang saya sering berfikir, kontribusi apa yang bisa saya berikan kepada lingkungan sekitar? Saya ingin bisa bermanfaat bagi orang lain.

Ketika mengikuti rangkaian kegiatan RuBI, saya mulai memahami bahwa bersedekah tidak harus selalu berupa materi, namun bersedekah juga bisa dilakukan dengan cara memberikan ilmu, kreatifitas, waktu, dan tenaga kita.


Dengan berkontribusi langsung terhadap pendidikan Indonesia melalui RuBI, kita dapat memberikan dampak yang positif dan berkelanjutan kepada bapak/ibu guru. Karena ilmu yang kita berikan dapat diingat oleh mereka, disebarkan kepada rekan-rekan guru di sekolahnya masing-masing dan diajarkan kepada murid-muridnya, sehingga dapat bermanfaat lebih luas dan terus-menerus.


Tahun 2019 adalah kali pertama saya mengikuti kegiatan @rberbagi_ilmu. Saya ditempatkan di Kubu, Karangasem, Bali. Awalnya, saya merasa ragu karena saya tidak memiliki latar belakang guru, sedangkan rata-rata para peserta adalah guru yang sudah memiliki pengalaman belasan tahun mengajar.


Namun saya merasa terharu bahwa mereka benar-benar memperhatikan materi yang kami sampaikan. Saya semakin bersyukur, ternyata materi yang kami bagikan dapat memberikan perubahan positif yang nyata bagi para guru, dan dapat disebarluaskan ke sekolah mereka masing-masing.


Banyak hal yang saya pelajari dari teman-teman tim RuBI, guru-guru dan kepala sekolah. Saya ingin nilai-nilai positif ini juga didapat oleh lebih banyak orang, karenanya jangan ragu mengambil keputusan untuk jadi relawan.


(Andina Nabila Irvani – Relawan RuBI)